STUDY CASE: SOCIOLLA
LATAR BELAKANG
Sociolla adalah online store
terpercaya dan terlengkap di Indonesia. Sociolla berkomitmen untuk
menjadi destinasi belanja terlengkap dan terdepan. Sociolla adalah Beauty
e-commerce baru yang menawarkan berbagai produk kecantikan dari berbagai brand
untuk memenuhi kebutuhan berbagai jenis produk seperti rangkaian perawatan
kulit, make up, perawatan rambut, perawatan tubuh, alat-alat kecantikan serta
wewangian.
SEJARAH
Sociolla merupakan
e-commerce berbasis Business to Customer (B2C) di Indonesia yang
menawarkan produk kecantikan original seperti makeup, perawatan kulit,
perawatan rambut, parfum dan alat kecantikan. Dikutip dari website resminya,
Sociolla sangat memperhatikan keaslian serta kualitas produk yang dijual.
Bekerja sama dengan distributor resmi baik di Indonesia maupun luar negeri
tidak membuat Sociolla lepas kontrol.
Didirikan pada tahun 2015 oleh 3 orang yaitu Chrisanti
Indiana selaku Founder dan Credit Marketing Officer (CMO),
kemudian Christopher Madiam selaku Fouder, dan John Rasjid selaku Co-Founder
sekaligus Chief Executive Officer (CEO), Sociolla berhasil
menggandeng investor EV Growth dan investor lainnya yaitu dari iStyle Inc serta
investor asal Singapura dengan pendanaan sebesar US$ 12 juta atau setara dengan
Rp 182 miliar.
Hingga saat ini Sociolla sudah menjalankan bisnis
ritel yaitu e-commerce yaitu Sociolla.com yang tidak hanya hadir secara online, tetapi juga mulai
merambah ke offline store. Bisnis kami yang lainnya bergerak di media yaitu Beauty Journal. Bisnis yang ketiga adalah brand development division,
menjadi prinsipal atau perwakilan dari brand-brand luar negeri yang ingin masuk
ke pasar Indonesia.
TUJUAN PERUSAHAAN
Dalam mencari produk yang ingin dibeli, sociolla menggunakan 3 metode pencarian yaitu pencarian dengan kata kunci, pencarian dengan kategori masing-masing jenis produk seperti makeup, skin care, hair care, dll. Dan pencarian berdasarkan kategori brand.
FITUR
- Pencarian barang
Sociolla didirikan dengan satu tujuan yaitu untuk memberikan suatu kenyamanan kepada wanita di Indonesia untuk berbelanja make up/ kosmetik, skin care, hair care, peralatan kecantikan dan parfum. Sociolla hanya bekerja sama dengan authorized distributor dan pemegang merek untuk tetap memegang kualitas mereka
- Pilihan
pendaftaran
Untuk berbelanja produk di sociolla.com, buyer harus
memiliki akun sociolla terlebih dahulu dengan mengisi form verifikasi
keanggotan menggunakan akun email yang aktif, dan sudah langsung bisa
berbelanja di sociolla.com. Dengan mendaftar
akun, buyer akan otomatis terdaftar sebagai member baru. Member di Sociolla
disebut Beauty Clique dan ada tiga level: Pink Clique, Golden Clique dan
Diamond Clique.
- Cara pembayaran dan pengiriman
Berbagai macam pembayaran ditawarkan. Mulai dari transfer via bank, kartu kredit, hingga pembayaran di tempat. Untuk pengiriman, bagi Anda yang berdomisili di Jakarta dan berbelanja di Sociolla, produk Anda akan diantarkan oleh kurir khusus dari Sociolla.
- Cara mengakses
Saat ini Sociolla bisa diakses melalui website dan
aplikasi. Bentuk aplikasi bisa didownload
di Google Play dan App Store. Selain itu Sociolla memiliki
beberapa media sosial seperti facebook, twitter, serta Instagram selalu update
dengan berita maupun promo terbaru yang ditawarkan.
STRATEGI SOCIOLLA
Sociolla menerapkan sejumlah strategi khusus untuk bisa
bersaing dengan beberapa situs e-commerce kecantikan
lainnya. Misalnya, melakukan kerjasama dengan lebih dari 150 brand yang
memiliki sertifikat BPOM, kemudian dijual dengan harga kompetitif. Pasokan
produk bersertifikasi BPOM ini menjadi layanan dan strategi pemasaran yang
diterapkan. Belum lama berlalu, tepatnya di penghujung tahun 2015, Sociolla
juga mendirikan pop up store. Ini terkait
dengan komitmen Sociolla untuk memperluas akses brand kecantikan,
untuk memperkenalkan produknya kepada pelanggan di Indonesia.
Sociolla juga memiliki strategi yaitu dengan tidak hanya
berfungsi sebagai platform e-commerce yang menjual produk , namun mereka juga ikut mengedukasi dan
mengembangkan informasi tentang kecantikan. Mereka membuat beberapa fitur lain
seperti Beauty Journal dan juga SOCO. Beauty Journal adalah
laman yang berisi mengenai situs kecantikan dan gaya hidup andalan wanita masa
kini.kamu bisa mencari dan menemukan tips,ide, dan inspirasi pada laman ini,
sedangkan SOCO adalah platform yang menyuguhkan masyarakat untuk menjadi Beauty
influencer, dan menjadikan tempat penggunanya untuk saling sharing mengenai
beauty product. Sociolla juga menyediakan banyak
promo, diskon, gratis ongkir, voucher belanja dan masih banyak lagi.
Sociolla juga bekerjasama dengan para artis dan selebgram
dalam memperkenalkan platform Beauty Jurnalnya dan melakukan campaign kecantikan
mereka , sebagai contoh mereka menggait empat
figur wanita sebagai inspiring muse yang mewakili empat era
kecantikan di masa lalu untuk berbicara mengenai pentingnya kecantikan dalam
video campaign “Beauty Now and Then”, yaitu Rinni
Wulandari, Ayushita, Andra Alodita, dan Shafira Umm.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
- KELEBIHAN SOCIOLLA
The Products
Semua barang yang dijual di Sociolla dijamin 100% asli.
Sociolla sendiri berani mengklaim bahwa kualitas dan keaslian produk itu adalah
hal yang utama dan mutlak bagi mereka. Makanya semua barang yang dijual di sana
pasti berasal dari distributor resmi atau pemilik brand langsung.
The Delivery Man And Time
Hal yang sangat unik yang tidak dimliki online shop lainnya,
Sociolla benar-benar ingin memberikan premium shopping experience untuk para
pembelinya. Barang yang dipesan oleh buyer sebisa mungkin akan diantar langsung
oleh kurir Sociolla yang akan datang lengkap dengan menggunakan jas, kemeja
pink, dan naik motor dengan pink delivery box.
The Packaging
Setiap kali buyer memesan produk di Sociolla, produk pesanan
kita akan dikirim dalam kemasan box berwarna pink. Packagingnya sangat menarik
dan safe safe karena setelah dibungkus menggunakan bubble wrap dan dimasukkan
ke dalam kotak yang dalamnya juga udah dikasih ‘bantalan’ sedemikian rupa, dan
kotak ini juga masih akan disegel di dalam plastik yang tight.
The Website
Sociolla memiliki website-nya yang simple, jelas, dan
terorganisir dengan baik, sehingga memudahkan calon pembeli dalam melihat-lihat
produk yang diinginkan. Di msing-masing produk terdapat gambar produk,
keterangan lengkap berupa penjelasan produk, spesifikasi produk, cara
penggunaan, dan beberapa review dari pengguna yang mengomentari produk
tersebut.
The Beauty Journal
Hal yang unik lainnya dari sociolla yaitu Beauty Journal.
Beauty journal menyedikan berbagai macam informasi yang informatif. Selain ada
banyak artikel kecantikan, beauty trend, fakta-fakta kecantikan, dan berbagai
tutorial, informasi dan tips makeup, mereka juga ngasih rekomendasi
tempat-tempat yang berhubungan dengan kecantikan.
- KEKURANGAN SOCIOLLA
Pricey
Semua produk yang di jual di Sociolla merupakan produk asli dari brand –brand local maupun internasional, maka harga dari produk tersebut akan terbilang mahal jika dibandingkan dengan produk yang di jual di platform e-commerce lainnya.
Produk Kurang Lengkap
Sociolla hanya menjual produk-produk yang memiliki kerjasama
dengan mereka, maka terkadang ada barang yang dicari pelanggan namun tidak
terjual di Sociolla karena tidak adanya kerja sama dengan brand tersebut.
DAMPAK
Sebagai salah satu website penjualan Make Up dan Skin Care
terkenal, situs sociolla.com pun menimbulkan dampak tersendiri di
tengah-tengah penggunanya.
- Dampak positif:
- Proses pembelian barang dapat dilakukan dengan cepat
dan mudah
- Dapat dengan mudah memperoleh informasi mengenai
produk-produk yang sedang update/trend.
- Mempermudah
komunikasi antara penjual dan pembeli tanpa memerhatikan batasan antara jarak
dan waktu
- Dampak negatif:
- Terikatnya interaksi dalam dunia maya yang dapat
mengubah pola interaksi seseorang
- Dapat menimbulkan budaya konsumtif
- Kekurangpuasan
pelanggan jika barang yang didapat tidak sesuai dengan gambar
TANTANGAN YANG DI HADAPI
- Menjaga konsistensi pelayanan
yang telah ada dan komunikasi di media sosial . Hal ini dapat melalui pembuatan
konten-konten unik dan informatif.
- Memperbanyak event promo dan diskon,
agar pelanggan semakin tertarik membeli di Sociolla dibandingkan dengan di
platform e-commerce lain.
- Memperbaharui dan meningkatkan lagi kerjasama
dengan brand-brand yang ada di dalam negri maupun dari luar negri, agar produk
yang di jual semakin lengkap
LATAR BELAKANG
Sociolla adalah online store
terpercaya dan terlengkap di Indonesia. Sociolla berkomitmen untuk
menjadi destinasi belanja terlengkap dan terdepan. Sociolla adalah Beauty
e-commerce baru yang menawarkan berbagai produk kecantikan dari berbagai brand
untuk memenuhi kebutuhan berbagai jenis produk seperti rangkaian perawatan
kulit, make up, perawatan rambut, perawatan tubuh, alat-alat kecantikan serta
wewangian.
SEJARAH
Sociolla merupakan
e-commerce berbasis Business to Customer (B2C) di Indonesia yang
menawarkan produk kecantikan original seperti makeup, perawatan kulit,
perawatan rambut, parfum dan alat kecantikan. Dikutip dari website resminya,
Sociolla sangat memperhatikan keaslian serta kualitas produk yang dijual.
Bekerja sama dengan distributor resmi baik di Indonesia maupun luar negeri
tidak membuat Sociolla lepas kontrol.
Didirikan pada tahun 2015 oleh 3 orang yaitu Chrisanti
Indiana selaku Founder dan Credit Marketing Officer (CMO),
kemudian Christopher Madiam selaku Fouder, dan John Rasjid selaku Co-Founder
sekaligus Chief Executive Officer (CEO), Sociolla berhasil
menggandeng investor EV Growth dan investor lainnya yaitu dari iStyle Inc serta
investor asal Singapura dengan pendanaan sebesar US$ 12 juta atau setara dengan
Rp 182 miliar.
Hingga saat ini Sociolla sudah menjalankan bisnis
ritel yaitu e-commerce yaitu Sociolla.com yang tidak hanya hadir secara online, tetapi juga mulai
merambah ke offline store. Bisnis kami yang lainnya bergerak di media yaitu Beauty Journal. Bisnis yang ketiga adalah brand development division,
menjadi prinsipal atau perwakilan dari brand-brand luar negeri yang ingin masuk
ke pasar Indonesia.
TUJUAN PERUSAHAAN
Dalam mencari produk yang ingin dibeli, sociolla menggunakan 3 metode pencarian yaitu pencarian dengan kata kunci, pencarian dengan kategori masing-masing jenis produk seperti makeup, skin care, hair care, dll. Dan pencarian berdasarkan kategori brand.
FITUR
- Pencarian barang
Sociolla didirikan dengan satu tujuan yaitu untuk memberikan suatu kenyamanan kepada wanita di Indonesia untuk berbelanja make up/ kosmetik, skin care, hair care, peralatan kecantikan dan parfum. Sociolla hanya bekerja sama dengan authorized distributor dan pemegang merek untuk tetap memegang kualitas mereka
- Pilihan pendaftaran
- Cara pembayaran dan pengiriman
- Cara mengakses
STRATEGI SOCIOLLA
Sociolla juga memiliki strategi yaitu dengan tidak hanya
berfungsi sebagai platform e-commerce yang menjual produk , namun mereka juga ikut mengedukasi dan
mengembangkan informasi tentang kecantikan. Mereka membuat beberapa fitur lain
seperti Beauty Journal dan juga SOCO. Beauty Journal adalah
laman yang berisi mengenai situs kecantikan dan gaya hidup andalan wanita masa
kini.kamu bisa mencari dan menemukan tips,ide, dan inspirasi pada laman ini,
sedangkan SOCO adalah platform yang menyuguhkan masyarakat untuk menjadi Beauty
influencer, dan menjadikan tempat penggunanya untuk saling sharing mengenai
beauty product. Sociolla juga menyediakan banyak
promo, diskon, gratis ongkir, voucher belanja dan masih banyak lagi.
Sociolla juga bekerjasama dengan para artis dan selebgram
dalam memperkenalkan platform Beauty Jurnalnya dan melakukan campaign kecantikan
mereka , sebagai contoh mereka menggait empat
figur wanita sebagai inspiring muse yang mewakili empat era
kecantikan di masa lalu untuk berbicara mengenai pentingnya kecantikan dalam
video campaign “Beauty Now and Then”, yaitu Rinni
Wulandari, Ayushita, Andra Alodita, dan Shafira Umm.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
- KELEBIHAN SOCIOLLA
The ProductsSemua barang yang dijual di Sociolla dijamin 100% asli. Sociolla sendiri berani mengklaim bahwa kualitas dan keaslian produk itu adalah hal yang utama dan mutlak bagi mereka. Makanya semua barang yang dijual di sana pasti berasal dari distributor resmi atau pemilik brand langsung.
The Delivery Man And Time
Hal yang sangat unik yang tidak dimliki online shop lainnya,
Sociolla benar-benar ingin memberikan premium shopping experience untuk para
pembelinya. Barang yang dipesan oleh buyer sebisa mungkin akan diantar langsung
oleh kurir Sociolla yang akan datang lengkap dengan menggunakan jas, kemeja
pink, dan naik motor dengan pink delivery box.
The Packaging
Setiap kali buyer memesan produk di Sociolla, produk pesanan
kita akan dikirim dalam kemasan box berwarna pink. Packagingnya sangat menarik
dan safe safe karena setelah dibungkus menggunakan bubble wrap dan dimasukkan
ke dalam kotak yang dalamnya juga udah dikasih ‘bantalan’ sedemikian rupa, dan
kotak ini juga masih akan disegel di dalam plastik yang tight.
The WebsiteSociolla memiliki website-nya yang simple, jelas, dan terorganisir dengan baik, sehingga memudahkan calon pembeli dalam melihat-lihat produk yang diinginkan. Di msing-masing produk terdapat gambar produk, keterangan lengkap berupa penjelasan produk, spesifikasi produk, cara penggunaan, dan beberapa review dari pengguna yang mengomentari produk tersebut.
The Beauty Journal
Hal yang unik lainnya dari sociolla yaitu Beauty Journal.
Beauty journal menyedikan berbagai macam informasi yang informatif. Selain ada
banyak artikel kecantikan, beauty trend, fakta-fakta kecantikan, dan berbagai
tutorial, informasi dan tips makeup, mereka juga ngasih rekomendasi
tempat-tempat yang berhubungan dengan kecantikan.
- KEKURANGAN SOCIOLLA
PriceySemua produk yang di jual di Sociolla merupakan produk asli dari brand –brand local maupun internasional, maka harga dari produk tersebut akan terbilang mahal jika dibandingkan dengan produk yang di jual di platform e-commerce lainnya.
Produk Kurang LengkapSociolla hanya menjual produk-produk yang memiliki kerjasama dengan mereka, maka terkadang ada barang yang dicari pelanggan namun tidak terjual di Sociolla karena tidak adanya kerja sama dengan brand tersebut.
DAMPAK
Sebagai salah satu website penjualan Make Up dan Skin Care
terkenal, situs sociolla.com pun menimbulkan dampak tersendiri di
tengah-tengah penggunanya.
- Dampak positif:
- Proses pembelian barang dapat dilakukan dengan cepat dan mudah
- Dapat dengan mudah memperoleh informasi mengenai produk-produk yang sedang update/trend.
- Mempermudah komunikasi antara penjual dan pembeli tanpa memerhatikan batasan antara jarak dan waktu
- Dampak negatif:
- Terikatnya interaksi dalam dunia maya yang dapat mengubah pola interaksi seseorang
- Dapat menimbulkan budaya konsumtif
- Kekurangpuasan pelanggan jika barang yang didapat tidak sesuai dengan gambar
TANTANGAN YANG DI HADAPI
- Menjaga konsistensi pelayanan yang telah ada dan komunikasi di media sosial . Hal ini dapat melalui pembuatan konten-konten unik dan informatif.
- Memperbanyak event promo dan diskon, agar pelanggan semakin tertarik membeli di Sociolla dibandingkan dengan di platform e-commerce lain.
- Memperbaharui dan meningkatkan lagi kerjasama dengan brand-brand yang ada di dalam negri maupun dari luar negri, agar produk yang di jual semakin lengkap
Komentar
Posting Komentar