STUDY CASE: SOCIOLLA



LATAR BELAKANG

Sociolla adalah online store terpercaya dan terlengkap di Indonesia. Sociolla  berkomitmen untuk menjadi destinasi belanja terlengkap dan terdepan. Sociolla adalah Beauty e-commerce baru yang menawarkan berbagai produk kecantikan dari berbagai brand untuk memenuhi kebutuhan berbagai jenis produk seperti rangkaian perawatan kulit, make up, perawatan rambut, perawatan tubuh, alat-alat kecantikan serta wewangian.

SEJARAH

Sociolla merupakan e-commerce berbasis Business to Customer (B2C) di Indonesia yang menawarkan produk kecantikan original seperti makeup, perawatan kulit, perawatan rambut, parfum dan alat kecantikan. Dikutip dari website resminya, Sociolla sangat memperhatikan keaslian serta kualitas produk yang dijual. Bekerja sama dengan distributor resmi baik di Indonesia maupun luar negeri tidak membuat Sociolla lepas kontrol.
Didirikan pada tahun 2015 oleh 3 orang yaitu Chrisanti Indiana selaku Founder dan Credit Marketing Officer (CMO), kemudian Christopher Madiam selaku Fouder, dan John Rasjid selaku Co-Founder sekaligus Chief Executive Officer (CEO), Sociolla berhasil menggandeng investor EV Growth dan investor lainnya yaitu dari iStyle Inc serta investor asal Singapura dengan pendanaan sebesar US$ 12 juta atau setara dengan Rp 182 miliar.

Hingga saat ini Sociolla sudah menjalankan bisnis ritel yaitu e-commerce yaitu Sociolla.com yang tidak hanya hadir secara online, tetapi juga mulai merambah ke offline store. Bisnis kami yang lainnya bergerak di media yaitu Beauty Journal. Bisnis yang ketiga adalah brand development division, menjadi prinsipal atau perwakilan dari brand-brand luar negeri yang ingin masuk ke pasar Indonesia. 

TUJUAN PERUSAHAAN

Dalam mencari produk yang ingin dibeli, sociolla menggunakan 3 metode pencarian yaitu pencarian dengan kata kunci, pencarian dengan kategori masing-masing jenis produk seperti makeup, skin care, hair care, dll. Dan pencarian berdasarkan kategori brand.

FITUR

  • Pencarian barang




Sociolla didirikan dengan satu tujuan yaitu untuk memberikan suatu kenyamanan kepada wanita di Indonesia untuk berbelanja make up/ kosmetik, skin care, hair care, peralatan kecantikan dan parfum. Sociolla hanya bekerja sama dengan authorized distributor dan pemegang merek untuk tetap memegang kualitas mereka  
  • Pilihan pendaftaran
Untuk berbelanja produk di sociolla.com, buyer harus memiliki akun sociolla terlebih dahulu dengan mengisi form verifikasi keanggotan menggunakan akun email yang aktif, dan sudah langsung bisa berbelanja di sociolla.com. Dengan mendaftar akun, buyer akan otomatis terdaftar sebagai member baru. Member di Sociolla disebut Beauty Clique dan ada tiga level: Pink Clique, Golden Clique dan Diamond Clique.
  • Cara pembayaran dan pengiriman

Berbagai macam pembayaran ditawarkan. Mulai dari transfer via bank, kartu kredit, hingga pembayaran di tempat. Untuk pengiriman, bagi Anda yang berdomisili di Jakarta dan berbelanja di Sociolla, produk Anda akan diantarkan oleh kurir khusus dari Sociolla.
  • Cara mengakses
Saat ini Sociolla bisa diakses melalui website dan aplikasi. Bentuk  aplikasi bisa didownload di Google Play dan App Store. Selain itu Sociolla  memiliki beberapa media sosial seperti facebook, twitter, serta Instagram selalu update dengan berita maupun promo terbaru yang ditawarkan.

STRATEGI SOCIOLLA

Sociolla menerapkan sejumlah strategi khusus untuk bisa bersaing dengan beberapa situs e-commerce kecantikan lainnya. Misalnya, melakukan kerjasama dengan lebih dari 150 brand yang memiliki sertifikat BPOM, kemudian dijual dengan harga kompetitif. Pasokan produk bersertifikasi BPOM ini menjadi layanan dan strategi pemasaran yang diterapkan. Belum lama berlalu, tepatnya di penghujung tahun 2015, Sociolla juga mendirikan pop up store. Ini terkait dengan komitmen Sociolla untuk memperluas akses brand kecantikan, untuk memperkenalkan produknya kepada pelanggan di Indonesia.

Sociolla juga memiliki strategi yaitu dengan tidak hanya berfungsi sebagai platform e-commerce yang menjual produk , namun  mereka juga ikut mengedukasi dan mengembangkan informasi tentang kecantikan. Mereka membuat beberapa fitur lain seperti Beauty Journal dan juga SOCO. Beauty Journal adalah laman yang berisi mengenai situs kecantikan dan gaya hidup andalan wanita masa kini.kamu bisa mencari dan menemukan tips,ide, dan inspirasi pada laman ini, sedangkan SOCO adalah platform yang menyuguhkan masyarakat untuk menjadi Beauty influencer, dan menjadikan tempat penggunanya untuk saling sharing mengenai beauty product. Sociolla juga menyediakan banyak promo, diskon, gratis ongkir, voucher belanja dan masih banyak lagi.

Sociolla juga bekerjasama dengan para artis dan selebgram dalam memperkenalkan platform Beauty Jurnalnya dan melakukan campaign kecantikan mereka , sebagai contoh mereka menggait empat figur wanita sebagai inspiring muse yang mewakili empat era kecantikan di masa lalu untuk berbicara mengenai pentingnya kecantikan dalam video campaign “Beauty Now and Then”, yaitu Rinni Wulandari, Ayushita, Andra Alodita, dan Shafira Umm.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

  • KELEBIHAN SOCIOLLA
The Products
Semua barang yang dijual di Sociolla dijamin 100% asli. Sociolla sendiri berani mengklaim bahwa kualitas dan keaslian produk itu adalah hal yang utama dan mutlak bagi mereka. Makanya semua barang yang dijual di sana pasti berasal dari distributor resmi atau pemilik brand langsung. 
The Delivery Man And Time



Hal yang sangat unik yang tidak dimliki online shop lainnya, Sociolla benar-benar ingin memberikan premium shopping experience untuk para pembelinya. Barang yang dipesan oleh buyer sebisa mungkin akan diantar langsung oleh kurir Sociolla yang akan datang lengkap dengan menggunakan jas, kemeja pink, dan naik motor dengan pink delivery box. 

The Packaging



Setiap kali buyer memesan produk di Sociolla, produk pesanan kita akan dikirim dalam kemasan box berwarna pink. Packagingnya sangat menarik dan safe safe karena setelah dibungkus menggunakan bubble wrap dan dimasukkan ke dalam kotak yang dalamnya juga udah dikasih ‘bantalan’ sedemikian rupa, dan kotak ini juga masih akan disegel di dalam plastik yang tight.
The Website
Sociolla memiliki website-nya yang simple, jelas, dan terorganisir dengan baik, sehingga memudahkan calon pembeli dalam melihat-lihat produk yang diinginkan. Di msing-masing produk terdapat gambar produk, keterangan lengkap berupa penjelasan produk, spesifikasi produk, cara penggunaan, dan beberapa review dari pengguna yang mengomentari produk tersebut. 
The Beauty Journal


Hal yang unik lainnya dari sociolla yaitu Beauty Journal. Beauty journal menyedikan berbagai macam informasi yang informatif. Selain ada banyak artikel kecantikan, beauty trend, fakta-fakta kecantikan, dan berbagai tutorial, informasi dan tips makeup, mereka juga ngasih rekomendasi tempat-tempat yang berhubungan dengan kecantikan.
  • KEKURANGAN SOCIOLLA
Pricey
Semua produk yang di jual di Sociolla merupakan produk asli dari brand –brand local maupun internasional, maka harga dari produk tersebut akan terbilang mahal jika dibandingkan dengan produk yang di jual di platform e-commerce lainnya.
Produk Kurang Lengkap
Sociolla hanya menjual produk-produk yang memiliki kerjasama dengan mereka, maka terkadang ada barang yang dicari pelanggan namun tidak terjual di Sociolla karena tidak adanya kerja sama dengan brand tersebut. 

DAMPAK

Sebagai salah satu website penjualan Make Up dan Skin Care terkenal, situs sociolla.com pun menimbulkan dampak tersendiri di tengah-tengah penggunanya.
  • Dampak positif:
  1. Proses pembelian barang dapat dilakukan dengan cepat dan mudah
  2. Dapat dengan mudah memperoleh informasi mengenai produk-produk yang sedang update/trend.
  3. Mempermudah komunikasi antara penjual dan pembeli tanpa memerhatikan batasan antara jarak dan waktu
  • Dampak negatif:
  1. Terikatnya interaksi dalam dunia maya yang dapat mengubah pola interaksi seseorang
  2. Dapat menimbulkan budaya konsumtif
  3. Kekurangpuasan pelanggan jika barang yang didapat tidak sesuai dengan gambar

TANTANGAN YANG DI HADAPI

  • Menjaga konsistensi pelayanan yang telah ada dan komunikasi di media sosial . Hal ini dapat melalui pembuatan konten-konten  unik dan informatif.
  • Memperbanyak event promo dan diskon, agar pelanggan semakin tertarik membeli di Sociolla dibandingkan dengan di platform e-commerce lain.
  • Memperbaharui dan meningkatkan lagi kerjasama dengan brand-brand yang ada di dalam negri maupun dari luar negri, agar produk yang di jual semakin lengkap

Komentar

Postingan Populer